Aksi nyata modul 1.4 Mensosialisasikan budaya positif kepada teman sejawat

 Setelah mempelajari tentang budaya positif di modul 1.4. saya sangat antusias sekali untuk berbagi kepada rekan sejawat.

Maka setelah di awal masuk semester 2, saya melakukan aksi nyata kepada rekan sejawat di sekolah menggunakan aplikasi zoom.

Maka saya langsung membuat flyer pengumuman kepada teman-teman. Setelah KBM saya berharap mereka dapat bergabung.




Ternyata rekan sejawat di sekolah saya sangat antusias sekali untuk menghadiri sesi berbagi via zoom tersebut. Ada sekitar 37 orang guru yang mengikutinya.




Budaya positif yang menjadikan budaya ajar yang baik yang sesuai dengan filosofis pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara.  Sebagai guru harus memperhatikan benar bagaimana kodrat alam dan kodrat zaman anak-anak yang menjadi peserta didiknya. Sehingga dengan mendidik anak kita bisa mempersiapkan masa depan bangsa, sehingga pribadi siswa  yang :
1. beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME.
2. kebhinekaan global
3. bergotong royong
4. kreatif
5. bernalar positif
6. mandiri

yang dikenal dengan sebagai profil pelajar Pancasila bisa diwujudkan.

Budaya positif juga memberi tahu bagaiman posisi kontrol seorang guru, sehingga dengan segitiga restitusi , semua siswa kita bisa kembali dalam keyakinan kelas.

Dan bagaimana kebiasaan baik yang bisa dilakukan siswa menjadi sebuah budaya positif.


Comments

Post a Comment